Skip to main content

Pengalaman dan Tips Belajar SBMPTN



Bismillah. Selamat Pagi/Siang/Sore/Malam..^^


Hai semua, aku akan bercerita ke kalian tentang pengalaman gimana aku bisa lolos SBMPTN dan bagaimana sistem belajarku. Okay, before jumping to the main topic, lets get to know me. People call me Ikki, and iam now studying at Universitas Padjadjaran, jurusan Sastra Arab. Aku anak SMK jurusan Akuntansi. Walau anak SMK, aku tetep yakin aku bisa kuliah di PTN karena SMK, BISA! Hehe. Aku ikut SBMPTN 2x, pertama di tahun 2017 dan kedua di tahun 2018. Pas ikut SBMPTN 2017, aku gagal karena kurang dalam memahami sistem SBMPTN. Dan setelah kegagalan itu, aku mulai giat lagi belajar, evaluasi diri, until im finally lolos SBMPTN. ANDDD as I said at the beginning, how i`ve gone through it.. i`ll tell u below, scroll it dudes don’t forget to prepare ur peace of mind, and some snacks to level up ur good mood^^ may be useful.



Disini ada beberapa point yang bakal aku jelasin, there are:



1. Kenapa aku gagal lolos SBMPTN di tahun 2017?


2. Bagaimana medan perang di SBMPTN?


3. Tips cara belajar


4. Tips mengurutkan pilihan jurusan





Check it out!





1. Kenapa aku gagal lolos SBMPTN 2017? (Edisi Curhat) :p





Itu karena aku ga terlalu tau tentang SBMPTN. Bahkan, aku baru tau ada tes yang namanya SBMPTN itu pas kelas 12 aja, so dumb. Jadi waktu itu, ada pendaftaran SNMPTN, terus daftarlah, tapi aku lupa waktu itu pilih jurusan apa. Aku salah besar pas pilih jurusan dan univ waktu SNM. Basic aku Soshum, tapi aku malah pilih Kesehatan Masyarakat – UPNVJ yang notabenenya adalah rumpun SAINTEK. Jelaslah aku gagal lolos SNMPTN.





Kemudian seiring musim ujian masuk Perguruan Tinggi, banyak teman aku yang daftar beberapa test, seperti test STAN, UMPNJ, dan SBMPTN. Waktu itu aku ga ikut test STAN, karena ga terlalu tertarik untuk melanjutkan kuliah di bidang Akuntansi kecuali kalo di PNJ, aku ikut UMPNJ 2017 ditolak, 2018 juga ditolak padahal aku ngerasa PD bakal keterima (Jangan ditiru) :D. Setelah itu, aku lebih tertarik ke Ilmu Sosial, atau perencanaan tata wilayah kota gitu. Aku minat dan menurutku jurusannya kelihatan lebih keren soalnya hehe XD.





Waktu pendaftaran SBMPTN 2017 tiba, dan teman-temanku udah pada daftar, aku pun daftar. Dan aku melakukan kesalahan (lagi), aku pilih Kesehatan Masyarakat yang mana itu rumpun SAINTEK. Akhirnya, aku ikutnya ujian campuran. Padahal di SMK aku ga pernah belajar IPA. Huhu. Aku baru tau SOSHUM&SAINTEK itu pas udah beli buku panduan SBMPTN. Aku pun belajarnya asal dan ga teratur. Pas waktu ujian, soal IPAnya waktu itu aku gambar-gambar aja dan isi asal.





Jadilah aku gagal lolos SBMPTN. Bagiku, tahun 2017 adalah tahun kegagalan(Gagal SNM, Gagal UM, Gagal SBM) tapi gapapa kok dan tahun 2018 adalah tahun perjuangan. Makanya gais, kalian harus tau gimana sistem SBMPTN, dan medan perangnya gimana. Dan buat kalian yang pernah gagal SBMPTN, jangan berhenti. Ingat, sesuatu yang layak itu gak akan didapat tanpa kegagalan. Selama masih ada kesempatan buat ikut ujian masuk PTN, kenapa gak dicoba?.





2. Bagaimana medan perang di SBMPTN?





Medan perang SBMPTN itu super ketat. Waktu tahun 2018, yang daftar sekitar 800.000 peserta, tapi yang diterima cuma kurang lebih 120.000 peserta. See? Kayak 1 dari 8 orang yang dapat 1 bangku. Nah, dengan menyadari betapa ketatnya medan perang SBMPTN, kalian harus belajar lebih giat, berikan performa terbaik kalian, curi start belajar lebih dulu, terutama buat kalian yang berasal dari SMK. Kan banyak tuh, pelajaran SMA yang ga ada di SMK, nah itu jadi PR banget buat kalian, jangan menjadikannya sebagai beban ya! Tapi hal itu harus jadi motivasi supaya kalian intensitas belajarnya lebih tinggi.





3. Tips cara belajar saat gap year





Buat ngedapetin sesuatu, pasti butuh pengorbanan. Waktu itu aku pengen banget dapet PTN, dan buat ngedapetinnya harus belajar ekstra dan pengorbanan yang besar. Aku korbanin pekerjaan aku, iya aku keluar dari pekerjaan buat belajar SBMPTN. Aku juga mengorbankan waktu main, tapi tips buat kalian nih misal kalian diajak main, kalo mau main gapapa kok ikut. Tapi, kalian harus ganti waktu main itu dengan nambah jam belajar. Jadi porsi belajarnya tetep sesuai dengan target.





Anak SMK dianjurkan buat belajar SBMPTN itu sekitar 16 jam perhari karena kan lebih banyak materi yang harus dipelajari ya. Tiap hari, aku start belajar mulai hari senin-sabtu jam 8 pagi (setelah mandi dan sarapan, shalat dhuha juga ya jangan lupa biar rejekinya lancar hehe) sampai selesai minimal jam 11 malam, jangan lupa jeda ishoma. Hehe ambis banget ya, harus dong! Kan yang terpenting itu prosesnya. Jangan salty kalo ada temen kalian ngambis, toh selama ngambisnya untuk kebaikan kan malah bagus. Nah balik lagi ya ke topik, jadi kalo udah berusaha dengan sungguh-sungguh, kalaupun hasil dari usaha kita ga sesuai, tapi nanti gak akan nyesal. Nih ya, pasti deh apa yang diusahakan itu bakal kebayar, cuma waktunya aja yang belum datang. Ada yang langsung dikasih, ada yang diganti hal lain, ada yang disimpan di akhirat, gitu ya kira-kira konsep terkabulnya doa? Kalau salah mohon dikoreksi ya teman-teman.


Okei





Pertama, aku bakal kasih tau media belajarku apa aja:


a. Zenius. Aku beli yang 9 bulan itu harganya sekitar Rp407.000. Perlu diingat, menuntut ilmu itu perlu dirham atau uang ya teman-teman. Zenius worth it banget loh! Zenius itu sistem belajarnya gak semata-mata tujuannya cuma buat lolos SBM/UN/Mandiri tapi disana diajarin tujuan lebih jauh daripada itu, kata tutornya, belajar itu selamanya. Jadi kita lebih ngerti dan lebih bermakna belajarnya. Disana juga diajarin konsep belajar, dan itu bener-bener kerasa manfaatnya sampai kapanpun. Kalo udah ngerti konsepnya, bakal enak kalo belajar apapun tinggal pelajari konsep. Oh iya, untuk yang soshum rada kurang materinya, tapi kalo yang selain itu udah bagus banget. Tapi kekurangan itu bisa diatasi dengan buku penunjang ya.


b. Buku penunjang SBMPTN. Waktu itu aku pakai bukunya The King SBMPTN karena kebutuhan aku adalah memperbanyak materi. Tiap tahun, buku SBMPTN yang best seller itu beda-beda.


-Aku juga pakai buku dari Wangsit. Ada seri SOSHUM, SAINTEK, TKPA, ada juga PASSING GRADE buat ngatur strategi kalian. Wah ini recommended banget buat kalian. Harus punya sih. Bukan harus beli ya, kalian bisa pinjem ke temen kok wkwk. Ini bagus banget buat latihan soal. Latihan soal itu harus dan penting!.


-Pinjam buku ke teman kalian/kakak kelas yang dulunya pernah les SBMPTN. Waktu itu aku pinjam buku materi SBMPTN dari Nurul Fikri, sama INTEN. Kan lumayan hehe.


-Buku SKS (Sistem Kebut Semalam) ada seri SOSHUM, SAINTEK, TPA. Biasanya aku menghafal materi dari buku ini sama dari buku NF.


Oh iya, aku juga mengikuti Les BETIS dari Fasilkom UI. Gratis bagi yang semangat belajar tetapi kurang mampu dalam hal ekonomi. Belajarnya setiap sabtu-minggu dari pagi sampai siang/sore. Kalian bisa cari tahu info selengkapnya di Official ID Line @betisfasilkomui. Nah ini salah satu prestasiku dari peserta keseluruhan di bagian SOSHUM saat berada di bimbel BETIS.







Alhamdulillah, aku selalu mendapat ranking dan skor lumayan di beberapa penyelenggaraan Try Out Offline maupun Online. Sebelum meraih hasil ini, aku malah sering banget dapet skor rendah, hal itu buat aku pengen bisa dapet skor tinggi dengan cara belajar lebih giat lagi. Kuncinya dream, believe, pray, and make it happen! Semoga menginspirasi^^







x

























Cara belajarku:
Tips dariku, ketika belajar kalian jangan pakai patokan waktu. Misal jam 9-10 aku harus belajar materi ekonomi Pertumbuhan Ekonomi. Nah jangan begitu gais, karena hal itu akan buat kalian jadi ngga konsen(karena terbebani patokan waktu yang minim) dan akibatnya kedepannya akan gak konsisten. Lebih baik begini, 'aku akan pelajarin bab Pertumbuhan Ekonomi di jam berapapun yang penting bisa selesai hari ini'. Hal itu akan membuat kalian lebih konsentrasi dan matang mempelajari materi dan tidak terburu-buru oleh waktu yang minim.


Kalo kalian bingung mau mulai dari mana, yang perlu kalian lakukan adalah MULAI AJA! Insya Allah kedepannya bakal dipermudah dan strategi akan muncul dengan sendirinya.





✨✨✨


Pertama, aku baca satu materi dari keseluruhan buku, tiap buku pasti ada kekurangan dan kelebihan. Kalau kalian nemu informasi yang gak ada dibuku sebelumnya, kalian bisa highlight. Kemudian aku hafalin point-point yang penting.
Kedua, aku dengerin penjelasan materi dari tutor zenius. Nah karena udah baca sebelumnya, jadinya nyambung deh kalo udah denger penjelasan. Jangan lupa juga catat materi! Bikin semenarik mungkin, kalo bisa, pakai mind mapping ya.
Terakhir latihan soal. Step terpenting. Kerjakan semua latihan soal tentang topik itu, baik dari buku maupun zenius. Dan, setiap pilihan gandanya harus kalian ulik satu-persatu ya biar semakin mateng penguasaan materinya.
Kalian juga bisa ajak teman-teman yang sama-sama lagi belajar SBMPTN buat belajar kelompok, biar saling barter informasi.


Nah kalau kalian udah pelajari semua materi dan sudah mendekati ujian, kalian lakukan Try Out Mandiri!. Soal TO kan biasanya ada di buku tuh dan ada di zenius juga. Aku waktu itu kerjain semua soal soshum dari tahun 90-an sampai tahun 2017.. Dan aku tulis semuanya di buku wkwk biar nempel di otak, kerena ku suka menulis+lupaan, dan ilmu kan harus diikat dengan menulis😀, itu yang bikin aku selesai belajarnya kadang sampai jam 1 pagi. Tetep jaga kesehatan ya, kalo bisa tiap hari minggu olahraga dan konsumsi madu murni tiap hari 2sdm. Kalo belajarnya udah tuntas dengan baik, insya Allah mau sistemnya seperti apapun bakal bisa kita menghadapinya.


Aku pernah kok jatuh, kehilangan semangat belajar selama seminggu. Pasti ada fase downnya. Waktu itu aku ngatasinya dengan beribadah lebih giat, baca blog zenius dan pengalaman orang-orang yang lolos SBMPTN, itu bakal nge-push diri kita buat bangkit lagi.


4. Tips mengurutkan pilihan jurusan
Aku pilihan pertama itu yang pingiiiin banget, yang kayaknya susah banget buat didapet, jadi kayak mimpi gitu. Aku pilih Sastra Arab Universitas Indonesia waktu itu.


Nah kalo pilihan kedua aku sesuaikan dengan kemampuanku(bisa diliat dari hasil Try Out kita). Yang kemungkinan besar aku bisa diterima. Aku pilih Sastra Arab – Universitas Padjadjaran. Alhamdulillah diterimanya di pil 2^^ senang bangettttttt.




Pilihan ketiga, aku cari aman. Yang sangat besar peluang aku bisa diterima. Waktu itu aku pilih Antropologi – Universitas Diponegoro. Karena Passing Gradenya tidak terlalu tinggi dan daya tampungnya banyak.


Itu hanya perkiraan aku. Sisanya aku serahkan kepada Allah yang mengatur segalanya.


Semangat berusaha, berdoa, tawakkal!.


Jangan lupa giat berdoa ya, minta supaya Allah bisa nerima kita di Universitas-Nya. Karena Allah lah pemilik segala apa yang ada di alam semesta ini.


Syukuri apapun hasilnya, Semangat!!!


Mohon maaf bila banyak kesalahan


Jangan sungkan untuk bertanya^^


Semoga pengalamanku bisa menginspirasi kalian yaaa.











REPEAT AFTER ME: "I CAN DO THIS" 🌻












Comments

Popular posts from this blog

My Arabic Comic | Komik Bahasa Arab

To sum up my arabic comic. Being a comic artist for a week: it was hella cray! zz. Mohon maaf apabila masih ada beberapa kesalahan tata bahasa, masih newbie btw.  Selesai~

The Beauty of Whole-heartedly

You never know when you make or do something, it will views by whom, how it will be received, how many people related to it, eventho it's just a single person; you still don't know how much it meant to them, what the result will be.  You just simply do it because you love it, you put your heart into it, literally whole-heartedly, and your heartbeats just tells you to go for it! it just feels alright💟 Thus, moments like you appreciated by someone or even matters by yourself, is definitely honorable.  So.. dont. ever. stop. do. what. you. like. brings out the best in you. challenge yourself to grow. do more of what gives you peace.

Quotes dari buku 'Dunia Kafka' by Haruki Murakami

A little bit review from me: Beda dari yang lain, di buku ini bukan tentang melawan manusia antagonis seperti novel-novel kebanyakan tapi lebih ke melawan kutukan dan tentang pencarian jati diri. Yang paling keren adalah banyak banget metafora kehidupan yang dijelaskan disini!!! Alurnya mengandung fiksi, penuh misteri, agak ngebosenin dikit tapi ga bikin kecewa karena kasusnya benar-benar beda sama novel lain. More like human vs curse than human vs human, like i said in the beginning. Fun fact: buku ini direkomendasiin sama penulis buku 'Reasons to Stay Alive' yaitu Matt Haig. Buku ini cocok banget dibaca ketika kita lagi down karena isi novelnya juga tentang seseorang yang terjal banget jalan hidupnya, bayangkan.. Hidup dalam sebuah kutukan! Jadi, setelah baca buku ini, kita bisa ambil banyak banget insight. Here the quotes: (Enjoy~) "Setelah badai berlalu, kau tidak akan ingat bagaimana caramu melewatinya, caramu bertahan. Kau bahkan tidak bisa s